Inilah Obat Tidur Alami yang Ampuh Aman Tanpa Efek Samping

Susah tidur atau yang sering disebut dengan insomnia memang sangat mengganggu. Selain membuat tubuh lemas dan kantuk di siang hari, insomnia juga dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, diabetes, dan sebagainya. Sebagian orang memilih mengkonsumsi obat tidur berbahan kimia agar terhindar dari insomnia. Namun seperti halnya obat – obat lain, obat berbahan kimia juga memiliki efek samping pada tubuh.


Lalu apakah ada obat tidur alami yang aman untuk kesehatan dan minim efek samping? Tentu saja ada. Obat tersebut adalah obat alami. Berikut beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menghindari insomnia

6 Obat Tidur Alami yang Ampuh dan Tanpa Efek Samping

1. Daun lemon
Tidak banyak yang tahu kalau daun lemon ternyata bermanfaat sebagai obat tidur. Caranya, cukup sediakan dua sendok makan daun jeruk lemon yang sudah kering, madu dan air mendidih secukupnya.
Seduh daun lemon kering dan madu tersebut menggunakan air mendidih selama lima menit kemudian saring. Minum air saringan tersebut 30 – 45 menit menjelang tidur. Memang, efeknya tidak akan langsung terlihat, namun jika anda mengkonsumsinya secara rutin, anda akan merasakan perubahannya.

2. Susu
Obat tidur alami ini memang sangat sederhana karena anda tidak perlu mencampurkan beberapa bahan melainkan hanya butuh segelas susu dan langsung mengkonsumsinya beberapa saat sebelum tidur. Meskipun belum ada penelitian yang mempelajari susu sebagai obat tidur, namun susu sudah terbukti membantu seseorang lebih rileks dan cepat tidur (terutama susu sapi murni).
Selain itu, direkomendasikan juga meminum susu dalam keadaan hangat untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

3. Makanan berkarbohidrat tinggi
Kelebihan karbohidrat memang disebut – sebut tidak baik bagi kesehatan tubuh. Namun, bagi mereka yang menderita insomnia, mengkonsumsi makanan berkarbohidrat sangat dianjurkan karena kandungan karbohidrat mampu membuat triptofan lebih cepat sampai ke otak sehingga membuat tubuh lebih cepat mengantuk.
Tidak perlu mengkonsumsi karbohidrat yang berat seperti nasi, cukup makan beberapa potong roti (secukupnya) beberapa saat menjelang tidur sudah cukup untuk membantu anda terlelap lebih cepat.

4. Daun kopi muda
Bagi anda yang tinggal di pegunungan, pasti banyak menjumpai pohon kopi di sekitar rumah anda. Nah, kalau kopi mengandung kafein yang harus dihindari oleh para penderita insomnia, daun kopi muda malah dianggap baik sebagai obat tidur alami.
Caranya cukup ambil segenggam daun kopi muda, bersihkan, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai mendidih. Setelah itu, saring air rebusannya dan konsumsi air saringan tersebut secara teratur 2 kali sehari untuk efek yang lebih optimal.

5. Teh kamomil
Teh kamomil memang sudah banyak dikenal sebagai obat tidur alami yang aman bagi tubuh. Teh kamomil berbeda dengan teh biasa karena teh ini memiliki efek penenang. Anda juga bisa menambahkan susu dan madu untuk efek dan rasa yang lebih nikmat.

6. Buah bermelatonin
Selain bahan – bahan alami di atas, anda juga bisa mengkonsumsi banyak buah yang mengandung melatonin. Kandungan melatonin terbukti mampu memberikan efek menenangkan dan juga relaksasi bagi penderita insomnia. Beberapa buah yang mengandung melatonin tinggi antara lain ceri dan pisang.

( Baca Juga : Tips Mudah Cara Merayu Wanita Untuk Bercinta )

Itu dia beberapa contoh obat tidur alami yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. Selamat mencoba dan semoga sukses memejamkan mata anda.

Artikel Terkait

Inilah Obat Tidur Alami yang Ampuh Aman Tanpa Efek Samping
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email